Yang Muda, Yang Kredibel

v

Dunia benar-benar sudah berubah. Semua orang, tidak peduli berapapun umurnya, bisa membuat perubahan dan bisa menjadi penguasa bisnis kapan saja. Yang dibutuhkan orang saat ini hanyalah ide cemerlang, dan keberanian untuk terus mencoba.

Kita sudah banyak mengenal nama-nama seperti Mark Zuckerberg, Matt Mullen Berg, Stephen Chen & Chad Hurley, Tom Anderson, dll. Mark Zuckerberg, mahasiswa universitas Harvard yang menemukan Facebook sebagai satu platform jaringan sosial bagi remaja di perguruan tinggi ketika dia baru berusia 19 tahun.
Larry Page dan Sergey Brin, dua sahabat yang berawal dari garasi sebagai “kantor” pertama dan menemukan Google pada tahun 1998 ketika mereka baru berusia 24 tahun. Matt Mullenweg, yang baru berusia 19 tahun ketika ia menciptakan platform blogging yang kini dipakai dimana-mana. Joe Hewitt & Blake Ross yang Pada tahun 2003, Blake Ross mendirikan Mozilla ketika dia baru berusia 19 tahun. Atau Tom Anderson, yang Menciptakan jaringan sosial #1 di dunia dengan lebih dari 100 juta pengguna, Tom Anderson mendirikan MySpace di tahun 2004 ketika ia baru berusia 23 tahun. Dan lusinan nama-nama lain yang dikenal sebagai pemuda-pemuda sangat sukses.
Mereka masih tergolong sangat muda, tetapi perubahan memang tidak peduli dengan umur dan tingkat pendidikan dan itulah yang membuat saat ini begitu banyak perubahan-perubahan lahir ditangan para pemuda. Pemuda yang penuh rasa ingin tahu. Pemuda yang mempunyai jiwa entrepreneurship.

Tahukah kamu, ada satu orang yang hidup 14 abad yang lalu yang sudah memberikan pelajaran berharga bagaimana membentuk sebuah perubahan baru. Ia seorang yang berasal dari keluarga yang snagat sederhana. Tapi ia sudah membuat begitu banyak pencapaian bahkan saat ia masih sangat muda. Dan akhirnya pada usia 25 tahun, ia menikah dengan seorang janda seorang konglomerawati, dengan mas kawin 20 ekor unta betina muda yang juga senilai dengan lebih dari setengah milyar! Mau tahu siapa orang ini? Ya! Namanya Muhammad SAW.


v
Di usia  6 tahun, Muhammad sudah belajar menggembala kambing, saat umur 12 tahun (kelas 6 SD) Muhammad kecil sudah berhijrah dan membantu pamannya berdagang, ketika berumur 17 tahun Nabi Muhamad SAW sudah membuat usahanya sendiri. Dan disaat umur 15 tahun namanya sudah terkenal di jazirah arab sebagai seorang professional muda yang sangat tangkas. Ia mendapatkan gelar yang tidak pernah ada sebelum masanya, dan tidak akan pernah ada juga sesudahnya. Bahkan tidak ada satu pun kampus di Indonesia (dan dunia) yang berani memberikan gelar ini kepada para lulusannya, termasuk para dosen dan staff pengajar. Gelar itu adalah : AL-AMIN. Yaitu seorang yang snagat terpercaya. Seorang yang mempunyai kredibilitas tinggi. Dan inilah yang mempengaruhi nabi Muhammad SAW banyak kesuksesan dalam bidang bisnis.

Siapa yang memungkiri, seakan kita sudah membuat kesepakatan tak tertulis bahwa kita mau melakukan apa saja kepada orang yang kita percaya. Inilah mengapa kepercayaan dan nama baik adalah sebuah investasi yang tak ternilai. Kepercayaan adalah sebuah nilai penting yang harus dimiliki oleh siapa saja yang ingin membuat perubahan, berkarya, dan tentunya mempunyai jiwa kewirausahaan (entrepreneurship).

Apa itu kredibilitas? Apa itu kepercayaan? Itulah istilahyang sangat dibutuhkan oleh siapa saja yang ingin menjadikan orang lain sebagai partner bisnisnya. Nabi Muhammad SAW dengan sangat sukses mampu membangun kredibilitas ini, dan itulah alasan kuat mengapa siapapun yang mengenalnya, akan mempercayai setiap ucapan Rasul. Yang harus kita ketahui adalah, bahwa kredibilitas ini bisa kita pelajari, dan bisa kita bangun.

Lalu, bagaimana membangun kredibilitas itu? Tanyakan pada Aa Gym, dan kamu akan diberikan 3 langkah resep praktis bagaimana membangun kredibilitas. Kamu boleh tidak setuju dengan kebijakan poligaminya, tapi kamu tidak bisa memungkiri bahwa Aa Gym adalah seorang entrepreneur yang sukses. Oleh karena itu, tidak ada alasan lagi untuk tidak membaca tips-tips berikut ini :


  • Jujur

Kejujuran adalah perilaku kunci yang sangat efektif untuk membangun kepercayaan (kredibilitas), begitu pula bila sebaliknya dapat menghancurkan kehidupan seseorang. Kejujuran adalah nilai dan kehormatan. Maka bila ini terjadi, hati orang lain akan menjadi bulat tanpa keraguan untuk mempercayai segala tindakan dan perkataannya, serta akan mudah menimbulkan komitmen dari orang lain yang berhubungan dengannya


  • Cakap dan Terampil

Walapun sangat dikenal dan teruji kejujurannya tapi kalau dalam melaksanakannya tapi kalau dalam melaksanakan tugas, sangat sering berbuat lalai dan kesalahan maka hal ini pun akan merontokan kredibilitas.

Silahkan kita dapat mengukur perasaan sendiri, jikalau kita hendak mempercayakan sesuatu niscaya kita akan memilih orang yang diduga paling baik prestasinya dan tentu engan mempercayakan kepada orang yang sering melakukan kesalahan, kelaalaian, kecerobohan dan kegagalan walaupun kita tahu dan yakin akan kejujurannya.

Kapabilitas kecakapan ini bisa kita asah dengan selalu mengembangkan diri, selalu dalam kondisi yang terencana, selalu cek dan ricek, bersungguh-sungguh dan cermat, selalau mengevaluasi setiap tahapan dalam pencapaian tujuan, dan selalu memberikan yang terbaik dan upaya maksimal.


  • Inovatif

Saat ini, setiap detik, setiap menit terjadi berbagai perubahan. Teknologi semakiin maju, akses informasi pun menjadi lebih cepat. Satu-satunya yang harus kita lakukan untuk bisa tetap bertahan dalam kondisi ini adalah dengan selalu berfikir kreatif dan terus melahirkan gagasan-gagasan yang inovatif. Hal ini semakin membuat kita yakin akan sabda Rasulullah bahwa orang yang hari ini sama dengan hari kemarin adalah orang yang merugi karena berarti tak ada kemajuan dan tertinggal oleh perubhan, orang yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin dianggap orang yang celaka, karena berarti akan tertinggal jauh dan sulitmengejar. Satu-satunya pilihan bagi orang yang beruntung adalah hari ini harus lebih baik dari hari kemarin. Ini berarti kita harus memiliki penambahan manfaat, ilmu, dan pembelajaran setiap harinya.

Sikap inovatif ini bisa kita asah dengan memperbanyak membaca dan menulis, berdiskusi dan bertanya, melihat dan mengadakan studi banding, merenung dan tafakkur, banyak berbuat dan mencoba, juga banyak beribadah dan berdoa.

Dengan pembahasan ini, kita bisa lebih terbuka dan lebih yakin bahwa Sesuatu sedang terjadi. Inilah saatnya para pemuda Indonesia berteriak dengan lantang dengan menggenggam prestasi-prestasi dan melahirkan karya-karya bermanfaat! Pemuda-pemuda yang penuh dengan ide dan gagasan cemerlang! Dan jadilah bagian dari legenda dan entrepreneur muda yang sukses! Karena pemuda-pemuda sebenarnya adalah mereka yang selalu berani membuat perubahan dan inovasi.

7 comments:

  1. pemuda selanjutnya, M. Nasrurrohman, haha Amin!

    ReplyDelete
  2. hhe.. amin..!!!

    salah satu pemudi selanjutnya : arin..

    (mo jadi entrepreneur ato bukan, kredibilitas itu selalu berharga, betul??)

    ReplyDelete
  3. Amin !!!!!! :D
     
    Yap, betul sekali.. kredibilitas itu bukan dibutuhkan oleh entrepreneur aja kok, tapi dibutuhkan buat semua orang yang mau sukses, di bidang apapun itu...

    ReplyDelete
  4. <!-- /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-parent:""; margin:0in; margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-font-family:"Times New Roman";} p {mso-margin-top-alt:auto; margin-right:0in; mso-margin-bottom-alt:auto; margin-left:0in; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-font-family:"Times New Roman";} @page Section1 {size:8.5in 11.0in; margin:1.0in 1.25in 1.0in 1.25in; mso-header-margin:.5in; mso-footer-margin:.5in; mso-paper-source:0;} div.Section1 {page:Section1;} -->

    /* Style Definitions */
    table.MsoNormalTable
    {mso-style-name:"Table Normal";
    mso-tstyle-rowband-size:0;
    mso-tstyle-colband-size:0;
    mso-style-noshow:yes;
    mso-style-parent:"";
    mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
    mso-para-margin:0in;
    mso-para-margin-bottom:.0001pt;
    mso-pagination:widow-orphan;
    font-size:10.0pt;
    font-family:"Times New Roman";}


    Terselip khilaf dalam candaku,
    Tergores luka dalam tawaku,
    Terbelit pilu dalam tingkahku,
    Tersinggung rasa dalam bicaraku.
    Hari kemenangan telah tiba,
    Semoga diampuni salah dan dosa.
    Mari bersama bersihkan diri,
    sucikan hati di hari Fitri.
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
    Taqoba lallahu minnaa wa minkum
    Shiyamanaa wa shiyamakum
    Minal ‘aidin wal faizin
    Mohon maaf lahir dan batin
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllll

    ReplyDelete

  5. <!-- /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-parent:""; margin:0in; margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-font-family:"Times New Roman";} p {mso-margin-top-alt:auto; margin-right:0in; mso-margin-bottom-alt:auto; margin-left:0in; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-font-family:"Times New Roman";} @page Section1 {size:8.5in 11.0in; margin:1.0in 1.25in 1.0in 1.25in; mso-header-margin:.5in; mso-footer-margin:.5in; mso-paper-source:0;} div.Section1 {page:Section1;} -->


    /* Style Definitions */
    table.MsoNormalTable
    {mso-style-name:"Table Normal";
    mso-tstyle-rowband-size:0;
    mso-tstyle-colband-size:0;
    mso-style-noshow:yes;
    mso-style-parent:"";
    mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
    mso-para-margin:0in;
    mso-para-margin-bottom:.0001pt;
    mso-pagination:widow-orphan;
    font-size:10.0pt;
    font-family:"Times New Roman";}


     
     
    Kedal ing rasa nu pinuh ku bangbaluh hate, urang lubarkeun, ngawengku pinuh ku nyuuh, meungpeung wanci can mustari. Taqabalallahu Minna Wa Minkum
    Wilujeng Idul Fitri 1430 H, sim kuring neda dihapunten samudaya kalepatan.
    Kuring neda dihapunten kana samudaya kalepatan, boh bilih aya cariosan anu matak ngarahetkeun kana manah, da sadayana oge mung saukur heureuy, manusa mah teu tiasa lumpat tina kalepatan jeung kakhilafan

    ReplyDelete
  6. Makasih mas.. met idul fitri juga..

    maaf, soalnya nggak bisa masukin kode html di kodenya.. hhe

    ReplyDelete
  7. <!-- /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-parent:""; margin:0in; margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-font-family:"Times New Roman";} p {mso-margin-top-alt:auto; margin-right:0in; mso-margin-bottom-alt:auto; margin-left:0in; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-font-family:"Times New Roman";} @page Section1 {size:8.5in 11.0in; margin:1.0in 1.25in 1.0in 1.25in; mso-header-margin:.5in; mso-footer-margin:.5in; mso-paper-source:0;} div.Section1 {page:Section1;} -->

    /* Style Definitions */
    table.MsoNormalTable
    {mso-style-name:"Table Normal";
    mso-tstyle-rowband-size:0;
    mso-tstyle-colband-size:0;
    mso-style-noshow:yes;
    mso-style-parent:"";
    mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
    mso-para-margin:0in;
    mso-para-margin-bottom:.0001pt;
    mso-pagination:widow-orphan;
    font-size:10.0pt;
    font-family:"Times New Roman";}


    Terselip khilaf dalam candaku,
    Tergores luka dalam tawaku,
    Terbelit pilu dalam tingkahku,
    Tersinggung rasa dalam bicaraku.
    Hari kemenangan telah tiba,
    Semoga diampuni salah dan dosa.
    Mari bersama bersihkan diri,
    sucikan hati di hari Fitri.
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
    Taqoba lallahu minnaa wa minkum
    Shiyamanaa wa shiyamakum
    Minal ‘aidin wal faizin
    Mohon maaf lahir dan batin
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllll

    ReplyDelete