Prophetic Learning

v


"Alam telah menganugrahkan sepasang mata baja penaka mata rajawali tapi perbudakan telah meredupkan pandanganmu seredup pandangan seekor kelelawar.." - Muhammad Iqbal


Saya ingin berbagi sedikit tentang buku bagus yang baru saya selesaikan baca. Judulnya, “Prophetic Learning : Menjadi Cerdas dengan Jalan Kenabian” karya Dwi Budiyanto. Bagi saya, buku ini bukannya sebagai gudang pengetahuan diamana banyak dalil-dalil dan sejarah yang dipaparkan disana, tetapi lebih dari itu buku ini adalah sebuah obor motivasi bagi siapa saja yang ingin menuntut ilmu dalam arti sebenar-benarnya.

Buku ini menjelaskan kepada kita betapa penting dan berharganya sebuah ilmu, dan mengapa kita harus gigih mencarinya. Apapun yang harus kita lakukan. Buku ini tidak sekedar hanya memberikan saran-saran praktis bagaimana melakukan pencarian ilmu (belajar) dengan baik, tapi juga memberikan berbagai suplemen bergizi yang disarikan dari kisah-kisah perjuangan menuntut ilmu pasa ulama salaf. Saat-saat dimana islam sangat Berjaya dan menjadikan masanya dikenal dengan julukan, “The Golden Age Of Science”. Penulis memberikan gambaran bagaimana cara mereka belajar. Dengan harapan, kita juga bisa mengambil keteladanan dari kebiasan-kebiasaan mereka yang luar biasa. Mereka mengembara, mengurangi tidur, dan mengorbankan harta demi menjadi insan yang unggul dan bertakwa. Ddengan mencari ilmu Allah yang luas. Sejarah mereka harus banyak kita ketahui. Dan bila kita coba bandingkan dengan kondisi yang ada saat ini, niscaya akan merasakan malu yang sangat dalam.

“Tulisan dalam buku ini ditunjukan untuk merekam semangat generasi salafus-saleh dalam belajar. Sungguh motivasi yang melandasi mereka berakar dari semangat tauhid yang menghujam dalam. Mereka belajar karena mereka mengharap menjadi pribadi-pribadi yang unggul dan bertakwa. Ketakwaan selalu bermuara pada amal saleh. Sementara amal saleh akan sempurna jika dilandasi dengan ilmu yang benar, dan ilmu hanya bisa dicapai melalui belajar. Itulah sebabnya, mereka sangat antusias belajar.”

Buku setebal 268 halaman akan menjadi buku yang harus anda miliki, terutama bagi muslim yang ingin mendalami lebih jauh harta yang paling berharga dimuka bumi ini. Pak Dwi Budiyanto menuturkan penjelasannya dengan mengalir, cerdas dan sangat mudah dicerna. Pesan-pesannya mengandung hikmah yang dalam dan sarat dengan inspirasi.

Dan insyaAllah, siapapun yang membacanya akan mendapatkan manfaat. Amin.

No comments:

Post a Comment