23 kata-kata inspiratif Einstein tentang kebaikan, kebenaran, dan pengabdian


Saya rasa, siapapun yang bisa membaca, bahkan seorang anak Sekolah Dasar kelas 3 pun setidaknya pernah mendengar nama Einstein. Seseorang yang dulunya dianggap gila tapi yang pada akhirnya menjadi icon manusia genius abad 20. Seorang yang begitu populer yang padahal buku-buku yang ditulisnya dulu tidak begitu populer.

Seorang ilmuwan yang jika teori relativitasnya terbukti berhasil, Jerman akan menyatakannya sebagai orang Jerman dan Perancis akan menyatakannya sebagai warga dunia. Namun kalau teorinya tidak berhasil, Perancis akan mengklaimnya sebagai orang Jerman dan Jerman akan menyatakan bahwa ia adalah seorang yahudi.

Einstein yang juga seorang yang religius, karena percaya pada keteraturan alam semesta. Seorang yang tidak percaya matematika. Dan yang pasti, seorang yang begitu mencintai imajinasi ketimbang ilmu pengetahuan.

Berikut daftar kata-kata bijak Einstein yang saya kumpulkan tentang kebaikan, kebenaran, dan pengabdian. Semoga bisa jadi bahan inspirasi bagi kita semua untuk terpacu lebih keras dalam berpikir dan bekerja.


  1. Dunia ini adalah sebuah tempat yang berbahaya untuk didiami; bukan karena orang-orangnya yang jahat, tetapi karena orang-orangnya yang tak peduli.
  2. Hidup itu seperti naik sepeda. Agar tetap seimbang, kau harus terus bergerak.
  3. Ketidakwarasan adalah melakukan hal yang sama secara berulang-ulang dan mengharapkan hasil yang berbeda.
  4. Masalah-masalah penting yang kita hadapi tidak bisa dipecahkan dengan tingkat pemikiran yang sama dengan ketika kita menciptakannya.
  5. Untuk mengenal sebuah Negara, anda harus mempunyai kontak langsung dengan tanahnya. Sia-sia memandang dunia hanya dari balik kaca mobil.
  6. Kita harus melakukan yang terbaik yang kita bias. Itulah tanggung jawab suci kita sebagai manusia.
  7. Selagi ada cinta tidak perlu ada lagi pertanyaan.
  8. Seorang manusia harus mencari sesuatu sebagaimana adanya, bukan yang bagaimana seharusnya menurut pikirannya.
  9. Di hadapan Tuhan kita semua sama-sama bijak dan sama-sama tolol.
  10. Bukan dengan duduk-duduk di kejauhan dan memanggil umat manusia sebagaimana larva yang dapat menolong mereka. Taksir agung individu adalah melayani, bukan mengausai.
  11. Semua kita yang peduli akan kedamaian dan supremasi nalar maupun keadilan haruslah benar-benar sadar betapa kecil pengaruh nalar dan niatan baik yang jujur terhadap berbagai peristiwa politik.
  12. Segala macam tindakan akan berakhir jika kekuatan-kekuatan dasar yang dahsyat tidak lagi mendorong kita.
  13. Amarah hanya ada dihati orang-orang dungu.
  14. Tidak banyak orang melihat dengan kedua mata mereka danmerasa dengan hati mereka.
  15. Aku yakin bahwa sikap bersahaja dan menarik diri dari kehidupan merupakan hal terbaik bagi semua orang, bagi tubuh maupun pikiran.
  16. Lebih mudah mengubah plutonium dari paad mengubah sikap manusia.
  17. Jika orang jadi baik hanya karena takut akan hukuman dan berharap akan ganjaran, maka kita sungguh menyesalkannya.
  18. Terus semaikan benih anda, karena anda tidak tahu mana yang akan tumbuh – mungkin semuanya.
  19. Cinta adalah guru yang lebih baik dibanding dengan kewajiban.
  20. Kalau kita menerima batasan-batasan kita, maka kita akan melampauinya.
  21. Rasa ingin tahu punya alasan sendiri untuk ada.
  22. Siapapun yang mengabaikan kebenaran untuk masalah-masalah sederhana tidak bisa dipercayai untuk masalah-masalah penting.
  23. Belajarlah dari masa lalu, hiduplah untuk hari ini, berharaplah untuk masa depan. Yang terpenting adalah tidak berhenti bertanya.

Nah, sekarang apa pendapat anda?

8 comments:

  1. "Belajarlah dari masa lalu, hiduplah untuk hari ini, berharaplah untuk masa depan. Yang terpenting adalah tidak berhenti bertanya."
    Mantap!

    ReplyDelete
  2. Einstein, Idola saia waktu kecil, inspiratif :)

    ReplyDelete
  3. Aku masih kurang paham dengan yang ini...

    "Aku yakin bahwa sikap bersahaja dan menarik diri dari kehidupan merupakan hal terbaik bagi semua orang, bagi tubuh maupun pikiran."

    Maksudnya menarik diri dari kehidupan itu apa???

    ReplyDelete
  4. wah, keren.. dari kecil udah kenal einstein.. :)

    ReplyDelete
  5. klo penafsiran saya sih.. mungkin maksudnya biar nggak banyak melihat sesuatu yang buruk, mendengar hal-hal yang nggak baik, melihat hal-hal yang kurang baik.. karena itu sama saja dengan menghambur-hamburkan waktu. terlalu banyak melihat hal-" kayak gitu bisa membuat kotor hati dan pikiran.. hmm..

    ReplyDelete
  6. Aku masih kurang paham dengan yang ini...

    "Aku yakin bahwa sikap bersahaja dan menarik diri dari kehidupan merupakan hal terbaik bagi semua orang, bagi tubuh maupun pikiran."

    Maksudnya menarik diri dari kehidupan itu apa???

    ReplyDelete