Sedikit tentang Requirement Engineering

Setelah seminggu ini belum ada kabar baru, sekarang saya mau coba posting tulisan yang agak berbau ilmu komputer, hhe. Bulan ini ikut dua lomba karya tulis ilmiah soalnya. Dan itu membutuhkan waktu ekstra untuk berpikir dan terjun dilautan referensi-referensi. Intinya sih agak sok sibuk, hhe. Tapi boleh kan?

Nah, sudah pernah mendengar tentang requirement engineering? Requirement engineering adalah fase terdepan dari proses rekayasa perangkat lunak (software engineering), dimana software requirements (kebutuhan) dari user (pengguna) dan customer (pelanggan) dikumpulkan, dipahami dan ditetapkan.

Para pakar software engineering sepakat bahwa tahap ini sangatlah penting dan perlu diperhatikan dengan serius oleh para developer atau pengembang. perangkat lunak Dan menurut saya, ini mirip seperti tahap segmentation dalam bisnis. Tahap dimana kita berfokus untuk menganalisa pasar. Kita mengumpulkan semua informasi yang ada, dan memanfaatkan peluang secara kreatif. Menganalisa apa yang belum ada disini? apa yang dibutuhkan banyak orang tetapi masih belum terpenuhi? Dan tahap requirement engineering ini benar-benar menentukan seperti apa kualitas sebuah perangkat lunak nantinya.

Saya pikir, ini cukup menarik bila dibahas dengan lingkup yang lebih luas. Termasuk dalam kehidupan sehari-hari. Entah itu ketika kita sedang ingin membuat sebuah produk atau perangkat lunak, atau bahkan ketika kita berada dalam sebuah komunitas yang terorganisir seperti organisasi. Organisasi? Ya, benar. Bayangkan bila ada sebuah organisasi membuat sebuah proyek besar yang pada akhirnya mendapat respon dan hasil yang kurang memuaskan. Hanya karena memang ada yang salah dari pengemasan proyek tersebut. bisa jadi objek atau lingkungan yang ingin sebuah organisasi pengaruhi, tidak benar-benar membutuhkan apa yang ditawarkan organsiasi. Nah, begitu juga bila kita ingin membuat sebuah rekayasa perangkat lunak yang bisa berguna bagi banyak orang.

Dan dititik ini, akan sangat ideal bila sebelumnya ada waktu yang secara khusus kita rencanakan untuk melakukan tahap segmentasi. Disini yang akan kita lakukan adalah meneliti, seperti apa kondisi pasar..  sekaligus menganalisa apa saja yang masih belum terpenuhi. Dan yang paling penting adalah yang paling banyak dibutuhkan oleh pasar.  Bila tahap ini sudah dijalani dengan baik, kita tinggal fokus pada aspek implementasinya dalam sebuah perangkat lunak ataupun produk digital. Kelihatannya sederhana ya? Tapi entah kenapa saya merasa banyak orang lebih fokus pada hal-hal teknis saja, tidak terlalu peduli apakah karya/produk yang dia buat benar-benar dibutuhkan atau tidak.

Kabar baiknya, semakin populernya berbagai social network memudahkan kita untuk melakukan penelitian dengan lebih mudah dan kongkrit. Dan bukan hanya itu, adanya jejarng sosial juga memberi peluang kita untuk mempromosikan layanan atau produk dengan jauh lebih muda. Ini berarti, siapapun yang benar-benar berniat untuk berkarya, punya peluang yang sangat terbuka. Terutama untuk pasar dikalangan para remaja,  pelajar, dan lingkungan pendidikan. Bukankan menarik bila kita bisa membuat sebuah tools yang bisa memenuhi kebutuhan banyak orang?

Nah, salah satu model perangkat lunak ini adalah sistem elearning berbasis komunitas yang dikembangkan oleh pa Romi Satria Wahono, yaitu IlmuKomputer.com. sekilas konsep social knowledge di situs ini memang sederhana. Tapi pa Romi bisa membuatnya menjadi besar dan berbeda, karena memang banyak yang membutuhkan situs ini. Buah hasil dari kerja keras, pengelolaan kearsipan yang baik, sikap profesional, dan model elearning yang menarik.

Kesimpulannya adalah, ada begitu banyak peluang bisa kita ambil saat ini untuk bisa mengembangkan berbagai perangkat lunak atau produk digital  yang dibutuhkan banyak orang. Tidak harus rumit dan terlihat keren, yang penting bisa bermanfaat, sederhana, dan banyak dibutuhkan.

Bagaimana? Sudah terpikirkan untuk membuat sebuah karya yang bagus dan berguna?

5 comments:

  1. hho..sayangnya saya tdk berbakat komputerism

    ReplyDelete
  2. masa? itu bisa bikin blog.. hhe

    ReplyDelete
  3. kalo dftar blog aja sih ane bisa..
    Jadi intinya ini requirement engiinering bwt bantuin lw nyari ide bwt karya ilmiah?

    ReplyDelete
  4. nggak.. ini hanya iseng. kebetulan karya tulisnya nyambung tentang requirement engineering ini..

    ReplyDelete
  5. kalo dftar blog aja sih ane bisa..
    Jadi intinya ini requirement engiinering bwt bantuin lw nyari ide bwt karya ilmiah?

    ReplyDelete