E-Narcism : Bani

Internet sudah berevolusi. Saat ini, orang menggunakan internet bukan hanya untuk mencari informasi atau data untuk keperluan tertentu. Seiring dengan berkembangnya dunia aplikasi web, lahirnya berbagai situs social media sangat mempengaruhi penggunaan internet sekarang. Orang-orang dapat menjalin pertemanan melalui facebook, menuliskan opini di blog, berkumpul dan berdiskusi dengan menyelusuri berbagai forum, dan sebagainya. Social media telah mempengaruhi pola pikir banyak orang untuk menggunakan internet, terutama untuk kebutuhan komunikasi dan sosialisasi.



Bukan itu saja, sekarang netter bisa membangun eksistensi diri didepan publik melalui berbagai social media yang ada. Social media online bila digunakan dengan optimal dan bertujuan, bisa sarana membangun personal brand seseorang yang efektif. Seiring dengan kondisi ini, social media online tentu berpotensi besar sebagai ajang narsis banyak orang.



Narsis? Wah, jelek donk?



Kata siapa narsis itu jelek? Menurut Mas Yodhia, Narsis sendiri adalah gejala sosial dimana seseorang menampilkan dirinya dalam ranah maya dengan penuh kekenesan – sebagai sebuah refleksi dari rasa kagum yang berlebihan pada dirinya sendiri (narsistik). Bila diapresiasikan dengan cara yang tepat dan baik, narsis di internet bisa sangat menguntungkan dan positif, Mas Pitra menyebut fenomena narsis di ranah maya ini dengan sebutan E-Narcism. Tentu saja, ada kriteria tertentu yang mengindikasikan seseorang bahwa ia adalah seorang E-Narcism yang baik. Dan saat ini, sudah banyak orang yang menuai sukses karena menggunakan social media dan mengekspresikan “narsis”nya dengan sehat. Salah satu diantaranya mungkin teman saya, Muhammad Banirahma Syahroni yang didunia blogging identitasnya dikenal dengan nama “Bani Biasa”.



Pertamakali saya mengenal Bani saat masih kelas 9 SMP. Saya kurang ingat bagaimana saya bisa mengenalnya pertama kali. Yang pasti saat itu saya sering berinteraksi dengan Bani melalui Blog dan saling berkomentar di shoutbox. Setahu saya, dia suka sekali bidang desain terutama menggunakan software photoshop. Bani juga merupakan salah satu dari tim Olimpiade Komputer SMA N 1 Bogor tahun ini.



Dulu, saya melihat bani aktif mengelola blognya yang menggunakan platform Blogspot dialamat banibiasa.blogspot.com. ia mengisi blognya dengan berbagai macam info dan tulisannya. Saya masih ingat, salah-satu postingannya adalah tutorial hack friendster. Seiring dengan berjalannya waktu, sepertinya Bani ingin aktifitas ngeblognya terlihat lebih professional. Ia mulai mengunakan domain berbayar dengan alamat banibiasa.web.id, dan selanjutnya menggunakan domain www.banibiasa.com sampai sekarang.



Blog bani yang dulu tentu sudah sangat berbeda dengan blognya yang sekarang. Ia lebih memfokuskan tulisannya dengan postingan kehidupan sehari-harinya yang disajikan dengan ringan dan lucu. Blognya sudah mempunyai lebih banyak pengunjung. Rangking Alexa blognya tercatat berada diurutan 502,567 dunia. Dan (saat tulisan ini dibuat), Page Rank Google blog Bani Biasa berada diposisi 3. Saat ini, Bani juga sudah memonetasi blognya dengan beberapa media pendulang dolar, salah satunya adalah paid review. Bukan itu saja, sekarang coba kamu beranjak ke www.google.com. Lalu, masukkan keyword “Bani Biasa” dan kamu akan mendapati bejibun informasi mengenai dirinya yang terindeks Google. Ini berarti Bani sudah banyak dikenal oleh banyak orang, terutama Blogger.






Pernah, ia menginformasikan bahwa ia mendapat 2 job senilai $9 dan $15 melalui status facebooknya. Hebat.



Jarang anak sekolah yang seperti Bani. Ia bersekolah, mempunyai beragam kegiatan, tetapi bisa membangun citra dirinya di ranah maya, aktif menulis di blog, bahkan sampai menghasilkan uang. Sukses buat Bani!

Info : saat ini, Bani sudah mengelola tiga buah blog : Bani Biasa, Ilusi Optik, dan Salah Sambung.

— ** —




Ikuti Kontes E-Narcism, Gaul dan Eksisnya si Teman di Internet, dan menangkan 6 buah iPod persembahan dari Bhinneka.com dan 24 t-shirt E-Narcism dari Grin Clothing.


3 comments:

  1. ckck no comment lah -- tp gua bacanya ketawa .. hihi

    ReplyDelete
  2. hha.. (tapi gw yg nulis juga sdikit ketawa.. hhe)

    ReplyDelete
  3. wah websitenya lumayan rame nih boleh barter link? http://www.yysablondigital.weebly.com
    blog sekaligus toko kaos online

    ReplyDelete